di sini Anda bisa dapatkan berbagai macam tutorial desain dengan GRATIS!!!

Color Mode

Arti istilah Bitmap dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut:
Pemetaan bit. Gambar grafis komputer yang terdiri atas titik-titik yang membentuk baris dan kolom.
Citra yang terbentuk terdiri atas titik dan pixel. Pada citra raster, citra terdiri atas barisan pixel dan bukan vektor yang memiliki koordinat. Satu titik direpresentasikan oleh satu atau lebih bit data.
Makin banyak bit yang digunakan untuk mempresentasikan satu titik, makin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan.

Disingkat dengan BMP. Suatu format file atau ekstensinya untuk format file grafis bit mapped windows yang menyimpan citra sebagai grid titik-titik atau pixel. Dalam windows atau DOS suatu file bitmap akan diberi nama seperti : image01.bmp, dimana dibelakang titik (.) ada ekstensi bmp. File dengan nama seperti ini menunjukkan file jenis bitmap

RGB dan CMYK itu warna2 primer.
RGB = Red Green Blue (merah, hijau, biru)
CMYK = Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang ini merah, kuning hijau )
RGB merupakan warna-warna primer yang digunakan pada monitor.
CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer. Jadi CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilin ke media cetak.
Tentu saja RGB kalau di convert ke CMYK bakal berubah. karena pada CMYK warna2 sekunder yang dihasilkan merupakan hasil olahan dari warna2 Cyan, Magenta, Yellow, Black. Sedangkan pada RGB merupakan hasil pengolahan dari warna2 merah, hijau, biru.